26 June 2010

Web Usability JakartaConcerts.com (4)

Oke, akhirnya sampai juga pada postingan terakhir mengkaji web usability Jakarta Concerts. Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai menu-menu yang ada pada situs. Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai keseluruhan situs. Tenang saja, saya tidak akan berpanjang-lebar :)
Pada bagian kanan atas situs terdapat dua pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan English. Tidak terlalu jelas fungsi dari pilihan bahasa itu. Awalnya saya kira pemilihan bahasa tersebut berlaku untuk keseluruhan situs termasuk pilihan menu dan isi situs. Jika diganti ke bahasa yang lain, tidak tampak perubahannya. Menu tetap dalam bahasa inggris dan isi situs memang menggunakan bahasa campuran. Namun saya memperhatikan perubahan kecil pada Contact Us, bagian yang berubah yaitu Nama, Jabatan, Telepon, dan Fax. Jadi fungsi pemilihan bahasa sepertinya kurang bermanfaat. Akan lebih baik jika fungsi berlaku pada semua isi situs termasuk pilihan menu-nya.
Telah dibahas sebelumnya mengenai navigasi pada postingan sebelumnya yaitu mengenai tidak adanya penanda halaman mana yang aktif sehingga cukup membingungkan pengguna. Tampilan situs juga terlalu panjang ke bawah, sehingga memerlukan beberapa kali scroll untuk dapat sampai ke bagian bawah halaman. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya banner, baik itu banner iklan, partner maupun promo yang ada di sekitar konten situs. Beberapa banner juga bertipe gif, cukup membuat pengguna pusing melihatnya. Tampilan situs memang terlihat gelap dengan background hitam. Namun selama fungsi-fungsi situs masih bisa dilihat dengan jelas tidak masalah. Hanya saja mencerminkan kesan yang 'suram' bagi beberapa pengguna *saya tidak termasuk lho..*

Sekiranya sampai disini kajian mengenai web usability JakartaConcerts.com yang bisa saya sampaikan. Terima kasih kepada pihak-pihak terkait, terutama Pak Firman. Kalau tidak ditugaskan saya yakin blog saya tidak akan terisi sampai waktu yang belum ditentukan ^^. Kajian ini masih belum lengkap karena belum semua aspek dinilai. Mohon maaf jika ada kesalahan.

5 comments:

  1. gak boleh pertamax...


    oh.. ada yah website ini, baru tau

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya admin lebih memperhatikan kegunaan dari setiap fungsinya, karena percuma saja bila admin membuat membuat suatu fungsi tapi tidak ada gunanya. Bahasa merupakan salah satu parameter penting dalam suatu web, oleh karena itu, ada baiknya admin melakukan perbaikan terhadap fungsi pemilihan bahasa ini.

    ReplyDelete
  3. analisis yang bagus de.... :)
    penggemar konser tau sampai ke detail-detailnya web ini...
    warna web ini juga cukup menarik..
    mudah-mudahan dengan adanya analisis ini admin dapat memperbaiki websitenya :)



    wiwiek dewi anggraeni (g64070048)
    http://wiwiekd07.student.ipb.ac.id/

    ReplyDelete
  4. web yang sangat menarik, terutama bagi pecinta konser. Berguna banget dah pokoknya.. ISi web nya juga mantap.
    top dah...

    ReplyDelete