25 June 2010

Web Usability JakartaConcerts.com

Postingan kali ini dan beberapa postingan selanjutnya dibuat untuk menyelesaikan tugas akhir Interaksi Manusia Komputer. Tugasnya yaitu mengkaji usability suatu web. Awalnya saya memberikan tiga situs web untuk kemudian dipilih satu untuk dikaji, dan situs yang terpilih yaitu Jakarta Concerts. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai web tersebut, saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai web usability.


Web Usability 

Web usability merupakan suatu pendekatan agar suatu situs web mudah digunakan oleh pengguna tanpa sang pengguna harus menjalani pelatihan khusus terlebih dahulu. Pengguna dapat melakukan action yang dia perlukan pada web berdasarkan intuisi, dengan interaksi lainnya yang dapat dilihat di domain umum seperti dengan menekan button tertentu untuk melakukan suatu aksi tertentu.
Beberapa tujuan dari usability yaitu :
  •  Memberikan informasi kepada pengguna secara singkat dan jelas.
  • Memberikan pilihan yang tepat untuk pengguna, dengan cara yang sangat jelas.
  • Untuk menghilangkan ambiguitas tentang konsekuensi dari suatu tindakan misalnya mengklik menghapus / memindahkan / pembelian.
  • Tempatkan hal yang paling penting pada tempat yang tepat pada halaman atau aplikasi web. (wikipedia).
Secara umum, usability mengacu pada seberapa baik pengguna dapat mempelajari dan menggunakan produk untuk mencapai tujuan mereka dan seberapa puas mereka dengan proses tersebut. Usability mengukur kualitas dari pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan suatu produk/sistem. Penting untuk disadari bahwa usability bukan properti tunggal satu dimensi, namun merupakan kombinasi dari beberapa faktor, termasuk :
  • Ease of learning - Seberapa cepat pengguna yang belum pernah melihat antarmuka pengguna sebelumnya belajar cukup baik untuk menyelesaikan tugas-tugas dasar
  • Efficiency of use - Setelah pengguna berpengalaman menggunakan sistem, seberapa cepat dia dapat menyelesaikan tugas-tugas
  • Memorability - Jika seorang pengguna telah menggunakan sistem sebelumnya, apakah dia dapat mengingat untuk menggunakannya secara efektif pada waktu berikutnya atau apakah pengguna harus mulai belajar semuanya lagi
  • Error frequency and severity - Seberapa sering pengguna membuat kesalahan ketika menggunakan sistem, seberapa serius kesalahan ini, dan bagaimana pengguna menghadapi kesalahan-kesalahan tersebut
  • Subjective satisfaction - Seberapa besar pengguna suka menggunakan sistem
   
Faktor yang umumnya diukur dalam pengujian usability yaitu efektivitas - kemampuan pengguna menggunakan situs web untuk mendapatkan informasi dan menyelesaikan tugas-tugas dengan sukses, efisiensi - kemampuan pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat, mudah dan tanpa rasa frustrasi., dan kepuasan : seberapa besar pengguna menikmati menggunakan situs web.

Jakarta Concerts
Sekilas mengenai Jakarta Concerts. Situs ini merupakan situs pertama di Indonesia yang membahas tentang konser-konser internasional yang diselenggarakan di Indonesia, terutama di Jakarta. Tujuannya yaitu membangun komunitas pecinta konser di Indonesia sehingga anggota juga dapat  berbagi berbagai macam informasi. Untuk memudahkan dalam memperoleh tiket konser, situs ini juga biasanya menyediakan fasilitas penjualan tiket, bahkan termasuk harga yang lebih murah dari harga normal (presale).

2 comments:

  1. menurut saya, backgroundnya terlalu gelap sehingga membuat pusing sewaktu scrolling.
    lalu ketika saya masuk ke halaman forum saya kebingungan mencari link untuk kembali ke home lagi.

    Ira Nurazizah (G64070015
    https://iran07.student.ipb.ac.id)

    ReplyDelete
  2. waktu saia ngakses website jakartaconcert ini, saia lihat lumayan banyak bagian yang dikasi efek flash, terutama di bagian atas halaman-halamannya. saia ngerasa mata saia agak kurang nyaman dengan efek-efek yang frakuensi berubahnya terlalu cepat.
    mungkin sebaiknya intensitas perubahan efeknya agak diperlambat aja...

    Isna mariam G64070061
    http://isnam07.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete